Dermatologi

Laser Treatment

Laser ProYellow

Laser ProYellow merupakan teknologi laser cahaya kuning yang merupakan laser gold standard baru untuk menangani masalah vaskular (pembuluh darah).

Dengan panjang gelombang 577nm , laser ini akan membantu berbagai kelainan pembuluh darah yang letaknya di permukaan.

Kelainan kulit yang memerlukan laser Pro Yellow:
* Melasma
* Jerawat dan bekas kemerahannya (Eritema Pasca Akne)
* Rosacea
* Talangiektasis
* Keloid
* Spider vein
* Tanda lahir kemerahan, misalnya Hemangioma, Port Wein Stein (PWS), Nevus flammeus, dan lain-lain.

Laser CO2

Laser CO2 memiliki berbagai indikasi untuk banyak masalah kulit. Laser CO2 kami memiliki dua mode yaitu fractional dan ablative.

Laser Fractional CO2 merupakan pilihan utama dalam penanganan berbagai kelainan struktur kulit, termasuk scar acne. Dalam hal peremajaan kulit, lanser ini dapat merangsang pembentukan kolagen dan elastin yang sangat baik, sehingga baik digunakan untuk perbaikan kerutan dan garis kulit.

Sedangkan laser ablative CO2 banyak digunakan untuk pengangkatan tumor jinak kulit, misalnya keratosis dan kutil. Termasuk juga untuk menghilangkan nevus kecil.

Laser QS NDYAG

Laser QS NDYAG adalah laser high tech yang ditujukan untuk treatment berbagai masalah kulit, di antaranya adalah untuk masalah pigmen di kulit. Laser ini memiliki 2 panjang gelombang laser yang dapat menangani pigmen kulit dalam ataupun permukaan.

Kelainan kulit yang memerlukan laser QS NDYAG:
* Melasma
* Pigmentasi kulit setelah peradangan
* Freckles
* Tanda lahir (Nevus ota)
* Kelainan pigmen yang didapat (Nevus Hori)
* Tattoo removal
* Peremajaan kulit

Dermablate MCL31 ErYAG Laser

Dermablate MCL31 ErYAG Laser dapat mengikis kulit dengan tingkat presisi yang dapat diukur dalam mikron.  Bengan mode full field ablative atau Fractional, memungkinkan pengangkatan berbagai macam lesi dengan aman dan lembut dari kulit pada tingkat epidermis dan dermis hingga peremajaan kulit (termasuk perbaikan skar akne). Keandalan dan efektivitasnya telah terbukti di seluruh dunia.

Panjang gelombang 2.940 nm dari laser Erbium sesuai dengan puncak penyerapan air maksimum (air adalah komponen utama kulit). Oleh karena itu, energi seluruhnya digunakan untuk penguapan air yang cepat dalam jaringan, yang mengarah pada ablasi jaringan yang hampir seketika. Karena karakteristiknya, Dermablate MCL31 memiliki waktu penyembuhan yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan laser CO2 (waktu untuk re-epitelisasi, eritema, edema). Di sisi lain, laser CO2 menghasilkan hemostasis yang lebih baik berkat koagulasi.

Berkat efek termal yang sangat terbatas dari laser Erbium, prosedur ini tidak terlalu menyakitkan dibandingkan dengan laser CO2. Pasien tidak memerlukan anestesi apapun dalam pengobatan lesi kecil. Efek samping dan risiko sangat berkurang dengan laser ini. Keamanan perawatan ini menjadikan laser Erbium pilihan terbaik untuk area sensitif seperti daerah periorbital atau bahkan leher, dada, dan tangan.

Adapun indikasi laser ini untuk masalah kulit, meliputi:

  • Acne scar
  • Stretch mark
  • Peremajaan kulit (perbaikan kerutan, kulit kendur, pori-pori besar)
  • Tumor jinak (skin tag, lentigo, keratosis seboroik, kutil)

Video

Juliet Vaginal Laser

Waktu mempengaruhi feminitas. Wanita memiliki pengalaman yang berbeda pada setiap masa usianya, termasuk dalam hal intimasi, seksualitas, dan berbagai perubahan diri yang terjadi seiring waktu. Ini dapat sangat mempengaruhi kualitas hidup seorang wanita, baik secara fisik, psikologis maupun seksual. Persalinan (terutama alami) dan menopause hanyalah dua contoh peristiwa yang menyebabkan perubahan pada area intim dan lingkungan vagina, yang masing-masing disertai dengan gangguan yang berbeda.

Banyak wanita yang mengalami gejala yang tidak menyenangkan seperti gatal-gatal pada alat kelamin, iritasi, pelumasan vagina yang semakin buruk, kekeringan pada vagina dan bahkan rasa sakit saat berhubungan (dispareunia), yang tidak suka dibicarakan, bahkan terkadang tidak dengan dokter kandungannya. Mereka bisa malu dan berpikir bahwa merekalah satu-satunya yang mengalami masalah ini. Faktanya, semua gejala ini cukup umum pada wanita dari berbagai usia dan cenderung memburuk seiring waktu. Itu berarti mereka tidak bersifat sementara dan tidak akan hilang jika tidak diobati.

Sindrom Relaksasi Vagina (VRS)

Kondisi yang cukup umum yang biasanya terkait dengan kelahiran anak melalui vagina serta penuaan alami adalah Vaginal Relaxation Syndrome (VRS), suatu kondisi yang digambarkan sebagai hilangnya struktur vagina yang optimal. Kehamilan dan kelahiran berkontribusi pada memburuknya kondisi VRS, seperti halnya permulaan menopause, yang menyebabkan penurunan kadar hormon dan atrofi vagina. Kebanyakan wanita (dan pasangannya) mengacu pada sindrom relaksasi vagina sebagai “vagina yang membesar”, mengeluhkan hilangnya kekencangan vagina, yang secara langsung berkaitan dengan pengurangan gesekan selama hubungan seksual dan dengan demikian penurunan atau hilangnya kepuasan seksual.

Inkontinensia urin stres (SUI)

Inkontinensia urin stres (SUI) juga merupakan penyakit yang cukup umum terjadi pada wanita setelah kelahiran pertama mereka (antara 24 dan 29% wanita yang menderita kondisi ini). Ini adalah bentuk inkontinensia urin yang disebabkan oleh hilangnya dukungan uretra, yang biasanya merupakan konsekuensi dari kerusakan struktur pendukung panggul akibat persalinan. Demikian pula, sering berolahraga dalam aktivitas berdampak tinggi dapat menyebabkan inkontinensia atletik berkembang. Dalam kedua kasus tersebut, ditandai dengan keluarnya sejumlah kecil urin selama aktivitas yang meningkatkan tekanan perut seperti batuk, bersin, dan angkat beban.

Wanita dengan stres inkontinensia urin memiliki metabolisme jaringan ikat yang berubah, yang menyebabkan penurunan produksi kolagen dan yang dapat mengakibatkan dukungan saluran urogenital yang tidak mencukupi.

Atrofi vagina

Terakhir, ada sejumlah gejala yang dialami oleh wanita yang mengalami menopause (biasanya antara 45 dan 55 tahun), termasuk kekeringan pada vagina, gatal-gatal, nyeri saat berhubungan, pelumasan yang buruk, penurunan libido, dan elastisitas dan tonus otot vagina yang buruk. Kondisi ini juga digambarkan sebagai atrofi vagina dan mengikuti penurunan produksi estrogen oleh ovarium. Ini melibatkan penipisan bertahap jaringan epitel genital, mukosa vagina dan vulva, yang mengurangi ketebalan dan menjadi lebih rapuh, mudah tersinggung dan sensitif terhadap trauma.

Sebagian besar perubahan fisik dan mental yang terjadi selama menopause dapat memengaruhi kualitas kehidupan seksual dalam suatu hubungan.

Pilihan perawatan minimal-invasif

Sampai saat ini, semua kondisi ini dianggap sebagai konsekuensi dari proses penuaan wanita yang tak terhindarkan, dan pengobatan hanya dilakukan pada kasus yang sangat jarang di mana kondisi medis serius diketahui (misalnya, prolaps). Tanggapan bedah atau farmakologis tradisional merupakan solusi yang sangat invasif untuk masalah ini, dengan risiko tinggi efek samping termasuk gangguan luka, dispareunia, perdarahan pasca operasi atau pembentukan fistula.

Saat ini, semakin banyak wanita yang menyadari kemungkinan untuk meningkatkan nada dan fungsi area tertentu, dan akibatnya kualitas hidup mereka, dengan prosedur invasif minimal, seperti perawatan Juliet Vaginal Laser di Lumi Clinic.

Perawatan Juliet Vaginal Laser dilakukan menggunakan laser Erbium:YAG dan merupakan perawatan yang cepat, tanpa rasa sakit, dan dengan risiko efek samping yang sangat rendah dan downtime yang minimal.

Mekanisme kerja utama teknologi Erbium:YAG adalah untuk mencapai stimulasi selektif dari sintesis kolagen sub-mukosa, yang mengarah pada perbaikan jaringan dan pemulihan metabolisme aslinya.

Video:

CO2 Laser

Laser CO2 memiliki berbagai indikasi untuk banyak masalah kulit. Laser CO2 kami memiliki dua mode yaitu fractional dan ablative.

Laser Fractional CO2 merupakan pilihan utama dalam penanganan berbagai kelainan struktur kulit, termasuk scar acne. Dalam hal peremajaan kulit, laser ini dapat merangsang pembentukan kolagen dan elastin yang sangat baik, sehingga baik digunakan untuk perbaikan kerutan dan garis kulit.

Sedangkan laser ablative CO2 banyak digunakan untuk pengangkatan tumor jinak kulit, misalnya keratosis dan kutil. Termasuk juga untuk menghilangkan nevus kecil.

Discovery Pico Plus Laser

Discovery Pico Plus Laser di Lumi Clinic merupakan pico laser pertama di Indonesia, yang memiliki 3 panjang gelombang: 1064nm, 694 nm, serta 532 nm. Berbagai jenis treament yang berhubungan dengan pigmentasi, tattoo removal, acne scar, serta peremajaan kulit dapat diatasi dengan baik.

Apa itu pico laser?

Secara umum, Pico laser, atau yang lengkapnya disebut sebagai picosecond laser adalah teknologi laser terbaru dan tercanggih karena mampu menembakkan sinar lasernya dalam waktu yang sangat cepat.

Berapa sih yang dimaksud dengan sangat cepat ini?

Kita kembali dahulu ke teknologi laser yang biasanya digunakan untuk indikasi serupa, yaitu nanosecond laser. Laser ini dapat menembakkan sinar laser dalam waktu 1/1.000.000.000 detik. Lain halnya dengan picosecond laser yang dapat Menembakkan lasernya dengan waktu yang lebih cepat 1000 kali lipat, yaitu 1/1.000.000.000.000. Kalau ditanya bagaimana kecepatan seperti ini, akan cukup sulit mencontohkannya dengan gerakan kita ya.

Apa pentingnya laser yang bisa menghantarkan sinar secepat pico laser?

Dengan kecepatan seperti ini, memungkinkan laser untuk bekerja dengan lebih efektif dan risiko efek samping lebih minimal.

Apakah pico laser ini suatu brand treatment?
Seperti yang disebutkan di atas, istilah pico laser adalah hal yang menggambarkan kecanggihan laser dalam hal kecepatannya. Discovery Pico Plus Laser adalah kategori pico laser dengan kecepatan yang super di kelas laser pico, yaitu 450 picosecond untuk panjang gelombang 1064 nm dan 370 picosecond untuk panjang gelombang 532 nm – – Laser pico lainnya ada juga yang memiliki kecepatan 750 picosecond.

Apakah indikasi laser pico?

Indikasi laser pico meliputi:
1. Kelainan pigmen, baik berupa tanda lahir ataupun flek wajah yang didapat saat dewasa (freckles, lentigo, keratosis, bekas luka atau bekas jerawat kecoklatan)
2. Menghilangkan tattoo. Dengan Discovery Pico Plus, tidak hanya tattoo hitam, coklat, merah, orange yang bisa dihilangkan, termasuk juga warna biru dan hijau. Termasuk juga hasil sulam alis yang tidak dikehendaki lagi.
3. Acne scar (skar bopeng), dengan teknologi kombinasi LIOB dan plasma formation, laser ini dapat bekerja mengurangi bekas jerawat. Tentunya dengan downtime yang lebih pendek daripada laser fractional lainnya.
4. Rejuvenation (peremajaan kulit), dari memperbaiki skin tone sampai dengan kerutan halus dan pori-pori yang melebar.

Apakah downtimenya akan selalu lama?
Bergantung pada jenis masalah yang di treatment. Downtime biasanya hanya akan terjadi pada proses perbaikan struktur yang membutuhkan perlukaan pada kulit dan juga kelainan kulit superfisial.

Apakah sakit saat dilakukan laser pico?
Tidak seluruh treatment laser ini terasa sakit. Misalnya treatment Pico Toning Laser, tidak diperlukan pengolesan krim anestesi sebelumnya. Treatment Pico Plasma Laser untuk scar adalah salah satu contoh treatment yang membutuhkan pengolesan krim anestesi sebelum tindakan.

Kapankah hasil laser pico dapat dirasakan?
Biasanya warna kulit yang lebih cerah akan dirasakan 1 sd 3 hari setelah laser. Dalam 1 minggu kulit akan terasa lebih kenyal. Dan untuk perbaikan struktur seperti skar dan kerutan halus, dapat dirasakan dalam 2 minggu. Namun hasil ini dapat bervariasi pada masing-masing individu.

Berapa kali treatment laser pico perlu dilakukan?
Nah, kamu perlu banget berkonsultasi dengan dermatologis kami terkait hal ini. Karena setiap orang memiliki masalah yang spesifik. Secara umum, untuk perubahan warna tone kulit, biasanya dapat dilihat pada laser pertama. Untuk masalah yang bersifat kronis, tentunya diperlukan treatment yang teratur, yang dapat dilakukan dengan interval minimal 1 bulan. Untuk scar acne, biasanya diperlukan treatment sebanyak 3-5 kali.

Apakah diperlukan persiapan sebelum laser pico?
PERLU BANGET! Persiapkan kulit agar dalam keadaan siap dilaser terlebih dahulu. Tujuannya sangat simple: agar hasil laser efektif dan efek samping minimal bahkan tidak terjadi sama sekali.

Bisa tidak treatment laser pico dikombinasi dengan treatment lainnya?
Tentu saja bisa. Treatment untuk kulit akan dirancang secara personalized oleh dermatologis kami. Kebutuhan kamu tentu berbeda dengan yang lainnya. Konsultasikan lebih lanjut masalah kulitmu dengan dermatologis kami, agar pilihan terapi menjadi tepat sasaran

Mediostar

* Mediostar Vascular Laser

MeDioStar NeXT PRO vascular ditujukan untuk perawatan vena kaki (leg veins), hemangioma, dan pembuluh darah kecil lainnya. Perawatan laser ini bersifat non-invasif dan dalam banyak kasus tidak perlu anestesi. Dengan panjang gelombang 940 nm yang menyerap hemoglobin dengan baik, dan juga telah terintegrasi dengan sistem pendingin menyebabkan treatment ini cukup nyaman, efektif, efisien, dan rendah risiko efek samping.

Video:

* Mediostar Laser for Skin

MeDioStar NeXT PRO adalah laser diode dengan kombinasi 2 panjang gelombang, yaitu 810nm dan 940 nm, serta panjang pulse yang bervariasi memungkinkan laser untuk merawat kulit dari berbagai tipe kulit.

Indikasi MeDioStar NeXT PRO untuk permasalahan kulit meliputi:

  • Skin rejuvenation
  • Whitening
  • Tightening
  • Jerawat

Video:

*Hair Removal Laser

MeDioStar NeXT PRO adalah high power dioda laser yang efektif untuk hair removal. Dioda memancarkan rentang panjang gelombang 800 hingga 950nm dengan puncak signifikan pada 810nm, panjang gelombang dengan penyerapan melanin tertinggi. panjang gelombang jangkauan memungkinkan kita untuk bekerja dengan semua jenis kulit dan dengan semua jenis rambut (kecuali putih/abu-abu, pirang muda, dan rambut merah).

Video:


logo lumi dengan moto
Profil Lumi Clinic

Copyright Lumi Clinic 2022 All rights reserved.