External Counter Pulsation (ECP)

External Counter Pulsation (ECP) merupakan terapi non invasif untuk masalah jantung yang menggunakan manset (pneumatic cuff) seperti pada pemeriksaan tekanan darah, yang dililitkan pada betis, paha, dan pinggul. Pengisian dan pengosongan udara dalam manset diatur sesuai siklus jantung berdasarkan elektrokardiografi (EKG) yang dikendalikan oleh komputer.

Manfaat ECP telah terbukti dalam menolong pasien angina pektoris stabil atau tidak stabil, gagal jantung kongesti, miokardial infaction akut, pasien serangan jantung yang belum atau tidak dapat melakukan tindakan kateterisasi. Yang terpenting adalah terapi ini membantu meningkatkan kualitas hidup pasien, oleh karenanya ECP telah disahkan oleh FDA sebagai salah satu pilihan terapi untuk penderita penyakit jantung koroner. Perhimpunan Dokter Kardiologi Indonesia juga telah meluncurkan panduan resmi untuk penggunaan ECP.
Alasan lainnya adalah ECP dapat membantu mereka yang tidak mampu menjalani terapi percutaneous coronary intervention dan Coronary Artery Bypass Grafting karena masalah biaya.
Terdapat berbagai kontra indikasi dalam penggunaan ECP, sehingga membutuhkan pemeriksaan awal oleh dokter spesialis jantung untuk memastikan boleh tidaknya seorang pasien melakukan tindakan ECP.

Prosedur dari terapi ini yaitu dosis terapi 35 kali, masing-masing satu jam, 5 hari per minggu selama 7 minggu. Atau dosis terapi 35 kali, 5 hari pertama 1 jam. Jika dapat di toleransi. Dapat dilakukan terapi 2 jam masing-masing 1 jam selang 30 menit selama 15 hari.

Video :

logo lumi dengan moto

Recent Posts

Copyright Lumi Clinic 2021 All rights reserved.

Open chat