Holter Monitor

Holter monitoring (ambulatory electrocardiography) adalah suatu prosedur untuk merekam aktivitas listrik jantung dan detak jantung secara terus-menerus selama 24-48 jam pada aktivitas sehari-hari, dengan alat yang disebut sebagai holter monitor. Pemeriksaan holter monitoring umumnya dilakukan pada orang yang memiliki kelainan irama jantung (aritmia). Holter monitoring juga kerap dilakukan untuk membantu diagnosis beberapa kelainan jantung lainnya. Hasil pemeriksaan akan dianalisis oleh dokter spesialis jantung.

Mengapa prosedur holter monitoring perlu dilakukan?
Prosedur holter monitoring dilakukan untuk mendeteksi respons jantung (detak dan irama jantung) terhadap aktivitas sehari-hari.
Holter monitoring juga digunakan:
 Setelah mengalami serangan jantung
 Untuk mendiagnosis gangguan irama jantung yang menyebabkan berdebar-debar (palpitasi) atau pingsan
 Setelah mendapatkan obat-obatan untuk penyakit jantung
Prosedur holter monitoring juga bertujuan untuk merekam beberapa irama jantung yang tidak normal seperti atrial fibrilasi, atrial takikardi, takikardi supraventrikel, bradikardi, dan takikardi ventrikular.

Apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani prosedur holter monitoring?
Anda tidak perlu melakukan melakukan persiapan khusus sebelum menjalani prosedur holter monitoring. Tim medis akan mengajarkan cara, memasang elektroda bila elektroda tersebut lepas atau longgar. Beritahukan kepada tim medis bila Anda memiliki alergi terhadap bahan perekat.
Pastikan untuk mandi sebelum prosedur dilakukan, karena Anda tidak dapat mandi atau berada dalam keadaan basah pada saat holter monitor terpasang. Untuk memudahkan pemasangan elektroda menempel, Anda disarankan untuk mencukur bulu rambut dada.

logo lumi dengan moto
Profil Lumi Clinic

Copyright Lumi Clinic 2022 All rights reserved.